Tuesday 9 April 2013

Profil Jurusan Jasa Boga



Bidang keahlian Jasa Boga adalah suatu bidang keahlian/jurusan yang mendidik siswa dalam bidang makanan dan minuman dalam hal produk dan jasa. Bidang keahlian ini terbagi menjadi dua program keahlian  yaitu Program Keahlian Restaurant dan Program Keahlian Patiseri. Program keahlian restaurant adalah program Jasa Boga yang terfokus pada makanan dan minuman yang dikelola di hotel dan restaurant yang bertaraf nasional maupun internasional.

Tujuan program keahlian tata boga secara umum mengacu pada isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan program keahlian restoran adalah membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :

  • Mengolah dan menyajikan makan kontinental yang terdiri dari makanan pembuka, makanan utama dan makan penutup.
  • Mengolah dan menyajikan makanan Indonesia yang terdiri dari makanan pembuka, makan pokok, lauk pauk dan makanan penutup.
  • Melayani makan dan minum baik di restoran maupun di kamar tamu, serta menata meja makan dan meja prasmanan.
  • Mengolah dan menyajikan aneka minuman non alkohol.
  • Mengorganisir operasi pelayanan makan dan minum di restoran.

Untuk mendukung tujuan tersebut sekolah yang menyelenggarakan program keahlian restoran harus memiliki restoran untuk pelatihan (training restoran) dan restoran untuk usaha (real restoran).

7 comments:

  1. Kami sebuah restauran di jakarta, membutuhkan tenaga lulusan smk boga untuk di kitchen .silahkan kirim lamaran e mail ke indoxim@hotmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. Kantin & Catering DT membuka lowongan pekerjaan untuk posisi kasir, waiter & cook/cook helper.
    kami juga menerima siswa/i yang akan magang/PKL/Prakerin.
    Informasi lengkap 085221118998 / cafedt99@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Outlet bakso Ajo Express yang sedang berkembang di daerah jakarta timur .
    outlet kami ada di PGC mall dan mempunyai rumah produksi di daerah condet ,sedang membuka lowongan untuk Head produksi dan beberapa crew produksi bakso.
    gaji menarik ( sesuai UMP jakarta )
    silahkan kirimkan lamaran /CV ke alamat outlet kami di PGC Mall , atau email ke samidi78_za@yahoo.co.id dan CC ke andicondet@gmail.com
    HP 08170984142

    thq
    samidi

    ReplyDelete
  4. PT.YUDITAMA MANDIRI BUKA LOWONGAN UNTUK COOK HELPER PENGALAMAN MIN 1 THN. WALKING INTERVIEW JL.SOEKARNO HATTA PINUS REGENCY CLUSTER FUJIYAMA NO. 8B. SETIAP HARI KERJA

    ReplyDelete
  5. Akan segera di buka cafe...warkop88 di daerah jatinangor....kami membutuhkan tenaga kerja sebagai chef, barista, waiter dan kasir... bila anda berminat kirimkan cv anda ke warkop88.adm@gmail.com

    ReplyDelete
  6. kami perusahaan yang bergerak di bidang restoran menawarkan kerjasama untuk siswa/i yang membutuhkan tempat magang/pkl di bbrp restoran kami.
    email: hrd@justusburgerandsteak.co.id

    ReplyDelete