Wednesday 10 July 2013

Sekolah Menengah Kejuruan Bahagia Diserbu 232 Pendaftar

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bahagia, di tahun ajaran 2013/2014 dibanjiri pendaftar hingga 232 siswa, padahal SMK Bahagia hanya menargetkan 120 pendaftar, hal ini diungkapkan Kepala Sekolah SMK Bahagia Nana Kardana dalam acara Pembukaan dan Peresmian SMK Bahagia bertajuk, “SMK Bahagia Siap Berkinerja Membangun Kader Bangsa yang Siap Kerja”, Rabu, (26/6/2013), di Hotel Lodaya jalan Lodaya Bandung, turut hadir Ketua Unsur Kebijakan BP2KB Nicolas Lumanauw, dan Direktur Executive BP2KB Momon Abdurahman.
“SMK Bahagia memiliki lima program keahlian yaitu Akomodasi Perhotelan, Jasa Boga, Usaha Perjalanan Wisata, Marketing dan Teknik Komputer Jaringan”, kata Kepala Sekolah SMK Bahagia Nana Kardana diawal wawancara, “Dengan program keahlian ini siswa akan lebih dekat dengan industri pariwisata”, ungkap Nana.
“Saat ini SMK Bahagia menargetkan 120 pendaftar, namun membludak hingga 232 pendaftar”, kata Nana, “Namun kami siap menerima dan akan menambah ruang kelas”, tambahnya, lebih lanjut Nana menambahkan bahwa saat ini SMK Bahagia memiliki enam kelas dan 18 tenaga pengajar, “Pengajaran di SMK Bahagia 50% Belajar dan 50% Praktek”, ungkap Nana.
SMK Bahagia yang bernaung dibawah Yayasan Hamba Penyayang Insani saat ini bekerjasama dengan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), oleh karenanya 15 siswa kelas tiga SMK bahagia telah praktek di Hotel Bintang Lima, “Kelas tiga harus kita praktekkan”, ungkap Nana.
“SMK bahagia saat ini belum memiliki jalur prestasi, namun kedepannya akan kita usahakan”, kata Nana, “SMK Bahagia menampung siswa yang tidak mampu dan anak karyawan hotel, dan mereka semua dibebaskan dari biaya”, ungkap Nana.
Lebih lanjut Nana mengatakan bahwa respon Dinas Pendidikan terhadap SMK bahagia sangat baik, dan ke depan akan ada bantuan dari pemerintah sebesar Rp. 1.250.000 /siswa/tahun, dan SMK Bahagia saat ini sedang merintis kelas Bahasa.
SMK Bahagia yang terletak di jalan Kliningan III No. 11 Bandung sebenarnya akan berdiri tahun 2010, namun baru terealisasi  ditahun 2013.

Para calon siswa SMK Bahagia di tahun 2013 dipungut biaya pendaftaran untuk tiga tahun sebesar Rp. 4.000.000 dan uang SPP Rp. 200.000 per bulan, “Visi SMK Bahagia adalah pendidikan berbasis Iptek dan Imtak”, kata Kepala Sekolah SMK Bahagia Nana Kardana di akhir wawancara. (Bagoes Rinthoadi)










No comments:

Post a Comment